Tehnik Olah vokal

-Pernafasan
Ada 3 macam pernafasan
1. Pernafasan Bahu
2. Pernafasan Dada
3. Pernafasan Perut
Namun tehnik vokal klasik menuntut pernafasan "diafragma". Apakah tehnik pernafasan diafragma? boleh tanya ke guru olah vokal kalian, hehe...
Yang jelas pernafasan diafragma memungkinkan paru paru terisi penuh udara, tanpa terjepit karena ruangannya diperluas dengan meregangnya sekat rongga badan.

-Pita Suara
Pita suara yang elastis adalah hal mutlak dalam melakukan olah vokal. Perlu pemanasan sebelum melakukan olah vokal. Dimulai dengan desahan dan bersuara dengan lembut, kondisi tenggorokkan jangan tegang.

-Sikap Mulut
Sikap mulut biarkan bebas bergerak sesuai dengan kebutuhan vokal, jangan malu mulut dan wajah kita terlihat jelek, asalkan jangan berlebihan.

-Artikulasi Vokal
A I U E O, dalam bernyanyi huruf-huruf vokal harus diucapkan secara jelas, agar sebuah lagu didengar lebih enak dan nikmat.

Menjaga Suara agar tetap Fit:
1. Jangan memaksakan diri untuk menyanyikan nada tinggi jika belum terlatih, karena akan merusak pita suara,
2. Jangan minum air dingin ataupun air yang terlalu panas,
3. Jangan meminum minuman yang beralkohol,
4. Jangan terlalu banyak makan makanan yang di goreng, misalnya, gorengan dll
5. Istirahat cukup, olahraga cukup, makan teratur untuk menjaga kondisi tubuh, kondisi tubuh sangat mempengaruhi kualitas suara,
6. Jangan menyanyi dalam keadaan perut kosong ataupun terlalu kenyang, ini akan mempengaruhi rongga perut, diafragma dan mempengaruhi kualitas pernafasan,
7. Jika dalam keadaan sakit flu, batuk jangan paksakan untuk bernyanyi, karena akan membuat tenggorokkan sakit,
8. Bernyanyi dengan ikhlas untuk menghibur, jangan tegang, ekspresi, pemahaman dan penghayatan lagu mutlak diperlukan.

-Menggunakan Mikrofon
Fungsi mikrofon adalah untuk mengeraskan suara, jadi usahakan jangan berlebihan dalam menghempaskan suara, jaga jarak mulut dengan mikrofon sesuai kebutuhan.

Sumber: hurex

0 komentar:

Posting Komentar